26 Januari 2013

Goa Pindul

Objek Wisata Goa Pindul

Goa Pindul, Goa Pindul ini diposting oleh Horiq Sobarqah di blog KR JOGJA 26 Januari 2013. ( 5.0 )


Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa didaerah Gunungkidul yang dialiri aliran sungai dibawah tanah. Goa Pindul terletak di desa Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Panjang Totalnya 300 m dan lebar rata-ratanya 5-6 m, kedalam air antara 4-7 m, tinggi permukaan air kelangit-langit gua sekitar 4,5 m, waktu tempuh sekitar 20-40 menit. Aliran air didalam goa cukup tenang, sehingga tidak diperlukan ketrampilan yang tinggi untuk menyusurinya dan cocok untuk segala usia. 

Dibagian dalam goa terdapat sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa.
Goa Pindul terbagi menjadi 3 zona yaitu zona terang, zona remang, zona gelap abadi. Ditengah goa terdapat ruang yang cukup besar dengan lubang diatasnya sehingga sinar matahari dapat masuk melalui lubang tersebut. Bagian tersebut adalah yang disebut dengan zona terang. Lubang diatas goa ini seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota tim sar yang hendak melakukan latihan. Goa pindul diresmikan sebagai objek wisata alam oleh almarhum Sumpeno Putro, Bupati Gunungkidul, pada tanggal 10 oktober 2010 bertepatan dengan fam tour pejabat kabupaten Gunungkidul.

Nama Goa Pindul berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang dutus oleh Panembatan Senopati di Mataram untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta putri Panembatan senopati yaitu Mangir Wonoboyo dari Mangiran (Bantul). Dalam perjalanannya, kedua abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi, keduanya lalu pergi lalu pergi kearah timur (arah Gunungkidul) hingga tiba disuatu dusun didaerah karangmojo. Disana keduanya menggelar tikar dan alas tempat tidur bekas persalinan sang bayi kemudian menguburnya. Dusun tersebut dinamakan dusun Gelaran. Sementara itu sang bayi terus saja menangis, kedua utusan itu pun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik kesalah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit, dengan kesaktiannya tanah yang diinjakpun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya. Sang bayi kemudian dibawa turun dan dimandikan di dalam goa dilubang tadi. Saat dimandikan, pipi sang bayi terbentur (jawa : kebendhul) batu yang ada didalam. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul.


Di dalam goa terdapat sungai yang merupakan kelanjutan dari Goa Pindul yang bernama Banyumoto . Diantara mulut Goa sungai Banyumoto dengan pintu keluar Goa pindul terdapat sebuah bendungan yang juga bernama Banyumoto. Dibalik hamparan persawahan disebelah utara Goa Pindul terdapat sebuah sungai yang eksotis bernama Kali Oyo. Sungai ini nampak sangat indah karena tebing-tebing batu yang unik.  


Objek Wisata Goa Pindul

3 komentar:

  1. Trimkasih..artikelnya bagus..
    kami tunggu kunjungannya di goa pindul..:)

    info : @ariffsulistyo ☎ 085741973511, ☎ 081227923007 pin 22ED27A3
    http://desawisatabejiharjo.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, semoga bisa bermanfaat buat semuanya..:)

      Hapus
  2. Goa pindul pintu masuknya yang mana sih, kok banyak yang nunggu dipinggiran jalan?

    BalasHapus